0

Download Lagu Gratis,,, Cara Baru Musisi Promo (?)

Posted by Maddy Pertiwi on 4:32 PM in
Tadi pagi buka milis. Salah satu subjeknya langsung menarik perhatian gw,,, Donlot gratis singel terbaru Coldplay, Violet Hill, secara gratis. Tinggal 4 hari lagi bisa donlot gratis. Langsung meluncur gw ke situs Coldplay en masukin email gw. Nanti dikirimin email dari manajemen Coldplay cara donlot gretongannya. Dan bener,,, gw bisa dengerin singel terbaru Coldplay secara penuh dan... gratis!!!
Sebelumnya kan gw juga pernah donlot gratis lagu Koil. Jadi ini adalah pengalaman kedua gw donlot lagu cera legal hehehe. Lumayan lega. Apalagi Coldplay termasuk band favorit gw.
Sepertinya mulai ada fenomena bagi2 lagu secara gratis dari musisi. Pelopornya kalo gak salah Radiohead. Melalui situs mereka, Radiohead bebasin penggemarnya untuk donlot lagu mereka dan bayar sesuka hati mulai dari 0 sampai 99 US dolar. Banyak fans merespon baik usulan ini dan rame2 ambil lagu mereka. Bukannya rugi, alih2 Radiohead untung besar. Bahkan album terbarunya pun diserbu penggemar, biarpun mereka sudah punya versi MP3 dari lagu2 terbaru Radiohead. Ini yang gw baca dari majalah Rolling Stones edisi,,, lupa hehehe.
Menyusul Koil, Panji Pragiwaksono, presenter kuis itu lho, juga sempet ngeluarin album di bulan Maret. Judulnya gak tau hehehe. Dia distribusiin gratis. Trus berdasarkan gosip yang gw denger, Naif juga mo bagiin album secara gratis ke penikmat musik Indonesia. Ditunggu nih kalo beneran hehehe.
Beberapa alasan mereka kemukakan. Tapi yang sering dijumpai adalah mereka kesal dengan pembajak. Jadi salah satu caranya agar musik mereka gak dibajak ya bagiin gratis aja. Terlepas dari yang dapet bagian adalah pembajak, urusan lain. Kalo Radiohead lain lagi. Ini merupakan pemberontakan mereka sama sistem industri rekaman dunia yang mengekang kreatifitas mereka (aduh mana majalah Rolling Stones gw ya...) makanya mereka biarkan fans menilai sendiri berapa harga karya mereka. Apalagi lagu baru mereka di album terdahulu bocor duluan di internet. Daripada bocor, mendingan kasih gratis.
Iya juga ya,,, Daripada beli bajakan, mending donlot aja yang asli. Masalah punya ato tidak koneksi internet, soal lain. Azas mutualisme boleh digunakan. Minta aja sama temen. Minta donlot ato malah copy aja lagunya hehehe. Pembajak juga sih namanya. Tapi kan gak untuk dijual.
Musisi bisa memperkenalkan singel terbaru mereka kepada khalayak ramai sebelum merilis album penuh. Apakah ini cara baru musisi promo??? Kalo iya, beruntunglah orang2 seperti gw yang penyuka singel daripada album hehehe,,,

0 Comments

Copyright © 2009 Maddy's Place All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.