0

Dulu dan Sekarang

Posted by Maddy Pertiwi on 11:43 AM in
Hampir sebulan gw balik kerja ke tempat lama. Udah terima gaji pertama juga. Alhamdulillah cukup untuk gw biaya ongkos bis selama sebulan yang biayanya hampir kayak biaya bensin sebulan!!! Mau gak mau, gw bandingin keadaan gw yang sekarang dengan setahun lalu.

Kalo ngomongin kerjaan setahun lalu, ada perbedaan pastinya. Terutama dari segi nominal gaji. Dulu, gw bisa berfoya-foya beli Starbucks en Daily Bread hehehe. Sekarang gw harus ngerem kebiasaan buruk gw ini hehehe. Ini bukan terkait sama berkurangnya gaji gw ya. Mungkin lebih terkait sama pola pikir gw (serius amat bahasa gw).

Tahun lalu, gw dalam kondisi dimana gw masih kuliah. Walaupun gw sudah membiayai kebutuhan gw sendiri, kayak bayar kos, makan dan ongkos pergi, mental gw masih mental anak kuliahan. Masih ada yang bisa dibayarin sama orang tua. Masih bisa bermanja dikitlah istilahnya. Masih sedikit egois sama duit gw, belum mau dibagi bahkan sama adek gw sendiri.

Sekarang keadaannya udah beda. Gw kerja sekarang ini dalam status udah lulus kuliah, berarti gw harus mulai bertanggung jawab sama diri gw sendiri. Sedikit banyak juga membantu pengeluaran rumah tangga dikit hehehe. Mulai mikirin kebutuhan adek gw yang semester2 akhir ini butuh duit gak sedikit buat tugas akhirnya. Mulai mikirin buat masa depan gw juga, seperti asuransi kesehatan. Karena baik gw sama adek gw kalo sakit, kadang suka yang aneh2 dan mahal pengobatannya. Terakhir, walaupun gak tergolong aneh sih, adek gw operasi usus buntu tahun lalu. Gw ngerasain banget gw lagi bokek2nya tapi untuk bayar di UGD aja hampir gak bisa. Sedih gw kalo inget itu. Semua karena kebiasaan buruk gw buang2 duit untuk hal yang gak nyata, kayak makanan.

Sekarang gw bertekad untuk ngerubah itu semua. Sebagai permulaan, gw sekarang punya buku kecil dimana gw mencatat semua pengeluaran gw. Sekecil apa pun itu pasti gw catet. Bon2 selama seminggu gw kumpulin trus gw bandingin sama catetan gw. Minggu kemaren pun gw panik, kenapa duit gw ilang 20 ribu. Semua berkat catatan pengeluaran gw. Walaupun suka jebol, kebiasaan buruk gw gak kayak dulu lagi nih. Alhamdulillah.

Gw juga berencana membuka tabunagn asuransi yang ditawarkan bank2 terkemuka Indonesia itu hehehe. Lagi nyortir2 nih mana yang cukup sesuai dengan kebutuhan gw. Gw mulai buka bulan Januari 2010, pas sama awal tahun.

Langkah cukup besar buat gw mengingat dulu gw adalah orang yang boros ampun2an. Tapi kalo gw gak berubah sekarang, gimana gw mo hidup layak besok2 hehehe. Belum nyicil rumah, ngumpulin biaya nikah, belum macem2 dah pokoknya HAHAHA.

0 Comments

Copyright © 2009 Maddy's Place All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.